Bupati Apresiasi TMMD 103 Kodim Kandangan

oleh
TINJAU LOKASI – Dandim 1003/Kandangan sekaligus Dansatgas TMMD 103, Letkol Inf. Suhardi Aji Sriwijayanto (kedua dari kiri) saat mendampingi Bupati Hulu Sungai Selatan H. Ahmad Fikry meninjau lokasi pelaksanaan TMMD di Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.(foto : yusni)

KANDANGAN, Wartaberita.id – Bupati Hulu Sungai Selatan, H. Ahmad Fikry,mengapresiasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)ke-103 Tahun 2018 di wilayahnya. TMMD kali ini dipusatkan di Desa Malilingin,Kecamatan Padang Batung.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan TMMD ini. Program yang dilaksanakan oleh TMMD ini sangat membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan, terutama di kawasan pinggiran atau terpencil,”ujar Fikry usai upacara pembukaan TMMD ke-103 Tahun 2018 wilayah Kodim1003/Kandangan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (15/10).

Dikatakan Fikry, masih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk membangun daerah ini. Oleh karena itu,sinergi dengan instansi lain perlu dilakukan, termasuk TNI melalui program TMMD.

Di Desa Malilingin,misalnya, Fikry berpendapat tepat dijadikan lokasi pelaksanaan program TMMD. Sebab, mayoritas warga desa di sini bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Tentu saja, mereka sangat membutuhkan akses jalan yang mendukung kelancaran bekerja.

“Dengan terbangunnya jalan yang lebar dan nyaman ini, nantinya warga di Desa Malilingin tidak terkendala lagi beraktivitas menuju sawah atau kebun, serta mengangkut hasil pertaniannya itu.” Kata Fikry.

Dandim 1003/Kandangan sekaligus Dansatgas TMMDke-103,Letkol Inf. Suhardi Aji Sriwijayanto, mengatakan bahwa TNI yang lahir dari ‘rahim’rakyat, sudah sewajarnya membantu rakyat yang memerlukannya. “TMMD ini merupakan bakti TNI kepada rakyat. Berbagai program dilaksanakan baik sasaran fisik maupun nonfisik,” ujar Suhardi.

Sasaran fisik yang dibangun untuk warga Desa Malilingin antara lain pengerasan badan jalan yang menghubungkan Desa Malilingin dengan Desa Pariangan, rehab dua jembatan, dan pembuatan tiga slap culvert.

Sedangkan sasaran nonfisik antara lain penyuluhan kesehatan serta KB, perencanaan perkawinan, dan menghindari perkawinan usia dini. Selain itu, pengobatan dan sunatan massal.

Satgas TMMD , kata Suhardi, juga menganggadeng instansi lain untuk melakukan penyuluhan tentang pertanian dan perkebunan. Selain itu, penyuluhan tata tertib berlalu lintas, penyuluhan bahaya narkoba, ceramah bahaya ISIS dan siskamling, ceramah penyuluhan karhutla, penyuluhan bela Negara dan wawasan kebangsaan, serta sosialisasi rekrutmen TNI.

TMMD ke-103 wilayah Kodim 1003/Kandangan dilaksanakan selama kurun satu bulan, sejak 15 Oktober 2018 sampai 13 November 2018.

 

Penulis : Yusni Hardy

Penanggung Jawab : Yusni Hardy

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan