Dies Natalis Ke-28 FK ULM 2018

oleh
Memperingati Dies Natalis Ke-28 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, melaksanakan bakti sosial deteksi dini Demensia dan penyuluhan kesehatan di Rumah Lansia Pesanggrahan Ibu Kandung, di Jalan Cendrawasih, Banjarmasin, Sabtu (13/10).(kalselpos.com)

Alumni FK ULM Laksanakan Kegiatan Bakti Sosial Deteksi Dini Demensia di Rumah Lansia Ibu Kandung

BANJARMASIN, Wartaberita.id – Memperingati Dies Natalis Ke-28 Fakultas Kedokteran (FK), Ikatan Alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, melaksanakan bakti sosial deteksi dini Demensia dan penyuluhan kesehatan di Rumah Lansia Pesanggrahan Ibu Kandung, di Jalan Cendrawasih, Banjarmasin, Sabtu (13/10).

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah dokter yang merupakan alumni dari FK ULM, yang diwakili dokter-dokter alumni angkatan 93 dan para dokter muda atau biasa disebut dokter koas (ko-assisten) yang masih berstatus mahasiswa kedokteran.

Para lansia dilakukan pemeriksaan atau didekteksi dini terkait Demensia atau kepikunan oleh para dokter dari FK ULM Banjarbaru.(kalselpos.com)

Selain memberikan pengobatan gratis para dokter juga melakukan deteksi dini Demensia dan membimbing para lansia untuk mengatasi kepikunan atau Demensia. Meskipun Demensia itu adalah hal yang dapat dimaklumi bagi para orang lanjut usia. Namun diharapkan mereka lansia tidak sampai terjadi Demensia Alzheimer.

Sebab, Demensia Alzheimer adalah jenis kepikunan yang ‘mengerikan’ karena dapat melumpuhkan pikiran dan kecerdasan seseorang.

Ketua Ketua Panitia Bakti Sosial Alumni FK ULM dalam rangka Dies Natalis ke 28 FK ULM, Dr dr H Syamsul Arifin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan mahasiswa, civitas akademika FK ULM dan mereka para alumni FK ULM angkatan 93.

Dijelaskannya, kegiatan bakti sosial yang diwakili alumni FK 93 ULM ini akan dilaksanakan selama dua hari dan juga dilakukan di dua tempat berbeda. Di hari pertama, Sabtu (13/10), dilaksanakan di Rumah Lansia Pesanggrahan Ibu Kandung, Banjarmasin dan di hari kedua besok, Minggu (14/10), dilaksanakan di panti asuhan, Banjarbaru.

“Hari pertama ini kita berkunjung ke Rumah Lansia Pesanggrahan Ibu Kandung. Di tempat ini kami melaksanakan bakti sosial deteksi dini sekaligus penyuluhan terkait demensia atau kepikunan. Di hari kedua bakti sosial dilaksanakan di panti asuhan Banjarbaru, guna melakukan pemeriksaan telinga kepada anak panti. Kami juga akan menghadirkan rekan dokter Spesialis THT,” kata dr Syamsul, yang juga membuka praktek umum di Jalan Kuin Selatan.

Ditandaskan Alumni Mahasiswa FK ULM angkatan 93 ini, kegiatan tersebut juga merupakan kontribusi nyata dari alumni FK ULM, kepada masyarakat di sekitar guna mewujudkan masyarakat sehat untuk persaudaraan dan kemajuan bersama.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Yayasan Pesanggrahan Ibu Kandung, Juhairiyah mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Alumni Dies Natalis ke-28 FK ULM di Rumah Lansia Ibu Kandung. Kegiatan ini juga diikuti 40 orang lansia.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan dari FK ULM, karena juga bertepatan pelaksanaan Bahtera Lansia di Rumah Lansia Pesanggrahan. Kunjungan dari para dokter ini sangat bermanfaat bagi lansia di tempat kami. Semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan,” katanya.

Salah satu lansia, Muhammad Zulkarnaen yang berumur 71 tahun, menyambut baik dengan pelaksanaan bakti sosial dan deteksi dini kepikunan dan penyuluhan kesehatan oleh para dokter.

“Saya harap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Kalau bisa dilaksanakan dua kali setiap bulannya, sehingga kami para lansia bisa terjaga kesehatannya,” ujarnya.

Sumber : Kalselpos.com
Penanggungjawab : Yusni Hardy

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan