Paman Birin; 13 Jam Melawan Api

oleh

Puncak musim kemarau mulai berdampak. Kebakaran hutan dan lahan terjadi di beberapa titik lokasi. Meski semua siaga, terkadang tidak diduga, muncul api membesar dan asap tebal mengepul ke udara.

BANJARMASIN, Wartaberita.co.id – Siang itu, tepatnya Minggu (16/9/2018) lalu, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin sedang menikmati istirahat di pendopo yang dibangun di lahan lokasi Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala. Paman Birin bersama elemen masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel baru saja selesai menanam padi di area 4.000 hektare lahan HPS.

Di masa istirahat, Paman Birin duduk-duduk sambil berbincang dan berdiskusi. Bahan diskusi kecil dan tak terlalu formal bersama elemen masyarakat dan ASN-nya lebih banyak tentang penanaman padi dan pekerjaan lain terkait HPS yang harus segera diselesaikan. Disisipi pula pembicaraan persiapan penyambutan rencana kedatangan Presiden RI Joko Widodo untuk menghadiri peringatan HPS 2018 sekaligus panen bersama di Jejangkit Muara.

Baca Juga : Terima Kasih Putra untuk Kalimantan Selatan

Di terik matahari panas yang tidak bersahabat dengan kulit, sekira pukul 16.00 Wita, tiba-tiba pandangan Paman Birin melihat kabut asap mengepul di jarak sekitar tiga kilometer dari pendopo. “Ada kebakaran lahan,” ujar Paman Birin seraya meminta Kepala Bidang Bina SMA Disdikbud Provinsi Kalsel, Muhammadun, untuk memastikan benar-tidaknya terjadi kebakaran lahan.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan