Pileg Batola 2019 Bakal Sengit, 35 Kursi Diperebutkan 370 Caleg

oleh
Ketua KPU Batola Rusdiansyah SP menyampaikan caleg pada pileg 2019 mendatang memperebutkan 35 kursi saat dikonfirmasi Kalselpos.com diruang kerjanya sambil membaca SKH Kalsel Pos, Kamis,(06/09).(Muliadi)

MARABAHAN, Wartaberita.id – Kabupaten Barito Kuala (Batola) memiliki luas wilayah 3.284 Km2, dengan jumlah penduduk 276.066 Jiwa yang terbagi dalam 17 kecamatan, enam kelurahan serta 194 desa.

‌Pemilihan Legislatif 2019 nanti Calon Legislatif (Caleg) Kabupaten Barito Kuala (Batola) 2019 mendatang bakal sengit, karena akan merebutkan 35 kursi. Kondisi itu masih belum ada kenaikan dari Pemilihan Legislatif (Pileg) di tahun 2014 yang lalu.

‌Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batola Rusdiansyah SP mengatakan, Alokasi kursi di DPRD Batola pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, masih belum ada perubahan berubah dengan Pemilu 2014 yang lalu.

‌”Ya, masih sama dengan Pileg di tahun 2014 dengan tahun 2019 mendatang, atau tetap memperebutkan sebanyak 35 kursi dari 370 caleg sementara. Namun kepastiannya menunggu hasil Pleno 23 September ini,” ucap Rusdiansyah SP kepada Kalselpos.com, diruang kerjanya Kamis (6/9).

‌Terkait persyaratan untuk mendaftar caleg yang terpenting ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Hal demikian, lanjutnya tentunya memiliki ijazah SMA, dan tidak pernah terpidana, seperti kasus narkoba, kasus seksual terhadap anak.

‌Hal tersebut, sebenarnya ranah seleksi itu dari petinggi partainya sendiri yang harus selektif, apabila ada terjadi demikian para calon KPU tidak bisa meloloskan.

‌”Tidak ada kendala-kendala yang berarti, karena para partai di Batola ini sudah berpengalaman,” ujarnya.

‌Rusdiansyah mengharapkan pada Pileg 2019 mendatang partisipasi masyarakat meningkat.

‌Disampaikanya, untuk sementara jumlah partai yang ikut pemilu bertambah, yakni Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda dan PSI.

Sumber : kalselpos.com
Editor : Aprie
Penanggungjawab : Yusni Hardy

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan