Dinas Pertanian Programkan 10 Ribu Bibit Sawit

oleh

MUARA TEWEH, Kalselpos.com – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Barut), pada perubahan anggaran 2018 akan memprogramkan pembenihan bibit Sawit untuk membantu masyarakat di wilayah setempat.

Program ini akan dilaksanakan dinas pertanian bekerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit resmi, sehingga benih yang dihasilkan benar-benar terjaga mutu dan kualitasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barut, Ir Setia Budi mengatakan, bahwa program ini merupakan arahan dari Bupati Barut H Nadalsyah, untuk membantu para petani, agar benar-benar mendapatkan bibit sawit yang baik untuk ditanam.

Karena berdasarkan hasil evaluasi pihaknya di lapangan, banyak petani yang terbeli bibit yang tidak berkualitas bagus, disebabkan tergiur penawaran dari perorangan dengan iming-iming bersertifikasi.

Namun setelah ditanam ada yang sampai 30 persen tanaman sawit yang tidak berbuah, serta pohon sawit yang seharusnya pada usia optimal pembuahannya justru produksinya malah menurun.

“Ini mungkin disebabkan karena banyak faktor, salah satunya bibit yang dibeli tidak terjamin kualitas dan keunggulannya,” ujar Budi.

Disampaikan Budi, bahwa total sawit yang rencananya akan di bibit oleh pihaknya pada anggaran biaya tambahan (ABT) tahun 2018 ini sebanyak kurang lebih 10 ribu. Sementara pengadaan benih bibit nantinya bekerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit resmi.

“Mudah-mudahan dengan keluarnya bibit dari Dinas nantinya, betul-betul terjamin mutu dan keunggulan benihnya,” katanya, seraya berkata untuk pelaksanaan program ini masih menunggu arahan lebih lanjut dari Bupati Barut.

Penulis : Asli
Editor : Aprie/Aspihan
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan