Cegah Karhutla, Polres Tapin Kumpulkan Warga Gelar FGD

oleh
DISKUSI: Kepolisian Resort Tapin melakukan pencegahan dan solusi karhutla melalui Forum Grup Discussion (FGD) melibatkan semua elemen

Rantau, Wartaberita.id – Dalam upaya mewujudkan Tapin sehat tanpa asap memasuki musim kemarau ini, Kepolisian Resort Tapin melakukan pencegahan dan solusi kebakaran lahan dan hutan melalui Forum Grup Discussion (FGD) melibatkan semua elemen terkait bertempat Balai Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Kamis (30/8) kemarin.

Pertemuan bersama dipimpin Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno, dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Tapin Ir Nurdin, Kasdim 1010 Rantau Mayor Inf Hariono, Kepala Bidang Perkebunan Endang, Camat Piani M Noor dan Kapolsek Piani Iptu Harahap.

Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno menyampaikan, pertemuan ini dalam rangka membahas pencegahan dan penanggulangan kebakaran sekaligus solusi dalam penanganan khusus di wilayah Kecamatan Piani dalam membuka lahan.

“Kegiatan ini untuk sama-sama melalukan pencegahan terjadinya karhutla sekaligus solusi yang terbaik bagi warga masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Piani dalam membuka ladangnya,” ujarnya.

Seperi diketahui, Bagus mengatakan bahwa Kabupaten Tapin apabila memasuki musim kemarau rawan terjadinya kebakaran baik di daerah rawa maulun pegunungan, namun saat ini karhutla masih bisa di atasi bersama tim Karhutla Tapin.

Akibat kebakaran lahan maupun hutan dapat merugikan semua pihak, baik dari segi kesehatan, transportasi dan lain-lainnya.

“Nah dengan pertemuan ini setidaknya dapat menjaga dan mencegah terjadinya kebakaram hutam dan lahan. Sebagai informasi bahwa undang-undang telah melarang bagi siapa saja yang membuka lahan dengan cara dibakar tentunya masuk dalam kategori pidana,” imbuh Bagus.

Oleh karena itulah Bagus menambahkan bakal berikan pemahaman kepada warga masyarakat dalam membuka lahan dengam tidak cara dibakar.

“Mari semua yang hadir sama-sama menjaga alam kita agar tidak terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” ajaknya.

SumberĀ  : kalselpos.com
Editor : S. Permana
Penanggungjawab: S. A. Lingga

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan